List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

admin - 2019-02-08

Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Tanggal 1 Februari

Badilag Kembali mengumumkan hasil kinerja SIPP Peradilan Agama Bulan Februari Tahun 2019.

Pa Kotabaru mendapatkan Nilai Akhir Sebesar 74.90%.

Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Tanggal 1 Februari 2019 

        


admin - 2019-01-22

PA KOTABARU LUNCURKAN APLIKASI SIMAS (SISTEM MANAJEMEN ARSIP DAN PERSURATAN)

PA KOTABARU LUNCURKAN APLIKASI SIMAS (SISTEM MANAJEMEN ARSIP DAN PERSURATAN)


Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih, PA Kotabaru berhasil memanfaatkan system pengarsipan surat yang selalu menggunakan system manual, yaitu hanya dengan mencatat di buku agenda surat keluar dan surat masuk. Hal ini cukup merepotkan apabila pada saat-saat tertentu, operator yang menjadi pencatat surat mencari arsip surat pada tanggal tertentu, lebih-lebih yang arsip yang dicari adalah surat bertahun-tahun yang lalu.

Tim IT PA Kotabaru berhasil mengatasi hal tersebut dengan membuat sebuah aplikasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar yang dinamai dengan Aplikasi Surat Keluar Masuk (SIMAS) oleh Tim Pengembangnya. Aplikasi SIMAS ini dibuat khusus untuk wilayah Peradilan Agama dan Negeri, karena system pencatatan yang dilakukan biasanya hampir sama disetiap instansi pengadilan agama maupun negeri.

Aplikasi SIMAS ini dirancang untuk memudahkan operator dalam memasukan arsip surat masuk maupun surat keluar. Karena dalam system SIMAS telah dibuat auto generate dalam penulisan nomor surat yang biasanya memakan waktu yang cukup lama. Namun dengan fitur auto generate nomor surat ini, penginputan surat menjadi lebih cepat. Masih ada beberapa fitur surat yang dapat membantu operator seperti pencetakan kartu kendali dan lembar disposisi surat masuk yang membuat operator tidak perlu lagi menulis lembar disposisi dan kartu kendali. 


Dengan Aplikasi ini nomor surat tidak perlu lagi meminta ke bagian operator secara langsung, namun hanya degan klik request surat maka nomor surat sudah bisa digunakan, aplikasi SIMAS sudah secara otomatis menggenerate nomor surat. Hanya dengan menggunakan tanggal surat dan nomor kode surat, nomor sudah bisa didapatkan. Bayangkan jika peminta nomor surat harus kekesekretariatan untuk meminta nomor surat, terus kepenanda tangan untuk meminta tanda tangan atasan, kemudian kembali lagi ke kesekretariatan untuk menyerahkan arsip. Dengan  aplikasi ini, peminta surat dapat langsung meminta nomor surat di kursinya masing-masing, tanda tangan, dan upload arsip di kursinya saja.

Dalam lingkungan peradilan, pengiriman surat hampir selalu dilakukan dengan email, dengan aplikasi SIMAS operator tidak perlu lagi membuka website penyedia email dan melakukan pengiriman email secara manual. Dengan fitur pengiriman email secara otomatis setelah arsip surat keluar diinput, maka surat akan bisa dikirim melalui fitur kirim email otomatis.

 Diharapkan kedepanya aplikasi ini dapat digunakan dengan baik oleh Pengadilan Agama Kotabaru


admin - 2019-01-15

Penilaian Penyelesaian Perkara Berdasarkan SIPP

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh
2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama
    Seluruh Indonesia

Assalamu alaikum wr. wb.

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor : 137/DJA/HM.02.3/I/2019, tanggal 10 Januari 2019, perihal "Penilaian Penyelesaian Perkara Berdasarkan SIPP".
Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat klik link berikut ini :

Penilaian Penyelesaian Perkara Berdasarkan SIPP


admin - 2019-01-15

Kelengkapan Data Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO)

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh
2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama
    Seluruh Indonesia

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor : 125/DJA/KP.04.1/I/2019, tanggal 9 Januari 2019, perihal "Kelengkapan Data Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) ".

Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat beserta Lampirannya klik link berikut ini :

1. Surat Pengantar
2. lampiran 1
3. lampiran 2
4. lampiran 3
5. lampiran 4

        


admin - 2019-01-15

(Ralat) Sistem Penilaian dalam Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama

Kepada Yth. 

1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh
2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama
Seluruh Indonesia

Assalamu alaikum wr. wb

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor : 121/DJA/KP.02.1/I/2019, tanggal 9 Januari 2019, perihal "Sistem Penilaian dalam Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama".

Demikian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat klik link berikut ini :

Sistem Penilaian dalam Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama

        


syafiq - 2019-01-08

Apel perdana 2019 Pengadilan Agama Kotabaru

pada hari ini senin, tanggal   7 januari2019, Pengadilan Agama  Kotabaru melaksanakan apel rutin, yang bertindak sebagai Pembina Apel, Ketua Pengadilan Agama  Kotabaru yaitu Hj. Aslamiah SH.M.H, dan Muhammad Fitri, S.Pdi sebagai Komandan Upacara, dan diikuti oleh Para Hakim, Pejabat  Stuktural, Fungsional, dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama  Kotabaru. Upacara digelar di halaman depan Pengadilan Agama  Kotabaru, Jl. Raya Stagen  Km 10. Dalam Upacara tersebut, Hj. Aslamiah SH.M.H, mengajak semua Pegawai untuk meningkatkan  kinerja dalam pelayanan.



Selain itu dalam apel perdana ini merupakan hari yang sangat  bahagia bagi para pegawai tidak tetap/ Honorer Pengadilan Agama Kotabaru karena pada hari itu juga  Hj. Aslamiah SH.M.H, selaku Ketua Pengadilan Agama Kotabaru  menyerahkan SK Pengangkatan Pegawai Tidak tetap/Honorer pada Pengadilan Agama Kotabaru yakni Khoirul Anwar SH, Nurul Hikmah SP, Apriadi S.Si, Muhammad Fitri S.Pdi, Syafiq Abi Yusa Amrulloh dan Pirda Rahimi.



Selain itu juga seluruh para pegawai tidak tetap/Honorer mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya kepada Keluarga besar Pengadilan Agama yang mana telah memberikan kepercayaan dan amanah lagi. dan mereka berjanji akan bekerja sebaik-baiknya di Pengadilan Agama Kotabaru.


admin - 2018-12-27

Nobar Refleksi Akhir Tahun 2018 Mahkamah Agung RI

Menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung No.  11 Tahun 2018 tanggal 26 Desember 2018, Tentang REFLEKSI AKHIR TAHUN 2018 MAHKAMAH AGUNG  



Merespon Surat Edaran tersebut, karena pegawai PA Kotabaru yang tidak bisa hadir menyaksikan secara langsung, maka secara bersama-sama mengadakan NOBAR (Nonton Bareng) atau menyaksikan secara Live Streaming acara tersebut di Aula PA  Kotabaru yang di pimpin langsung oleh  Plh.Ketua PA Kotabaru  Achmad Sya’rani, S.H.I, dan diikuti oleh Hakim, Panitera,Sekretaris serta Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Karyawan-karyawati dan Tenaga Kontrak Pengadilan Agama Kotabaru       


 

Sehubungan dengan acara Refleksi Akhir tahun 2018 MAHKAMAH AGUNG RI , Yang Mulia Ketua Ketua Mahkamah Agung akan menyampaikan capaian kerja tahun 2018.


admin - 2018-12-20

Nobar Lounching Aplikasi SIKEP Mahkamah Agung RI

Menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung No.  10 Tahun 2018 tanggal 18 Desember 2018, Tentang Peluncuran Integrasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Ke Dalam Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung Repubik Indonesia. 


Merespon Surat Edaran tersebut, karena pegawai PA Kotabaru yang tidak bisa hadir menyaksikan secara langsung, maka secara bersama-sama mengadakan NOBAR (Nonton Bareng) atau menyaksikan secara Live Streaming acara tersebut di Aula PA  Kotabaru yang di pimpin langsung oleh  Plh.Ketua PA Kotabaru  Achmad Sya’rani, S.H.I, dan diikuti oleh Hakim, Panitera, serta Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Karyawan-karyawati dan Tenaga Kontrak Pengadilan Agama Kotabaru


Acara Lounching SIKEP tersebut diawali dengan Pembacaan Doa, dilanjutkan laporan ketua panitia oleh Sekretaris MA, dalam sambutan nya selaku Ketua Panitia, Sekretaris MA, H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S. H, M. Hum, menyampaikan bahwa  Sistem Informasi Kepegawaian merupakan sistem aplikasi berfungsi sebagai alat untuk mengolah data sumber daya manusia dan dapat dijadikan sumber data dalam pengambilan keputusan kepemimpinan, seperti promosi mutasi, pemberian penghargaan, penegakan disiplin, selain itu juga berfungsi sebagai sarana kepegawaian, seperti kenaikan pangkat, ujian dinas, cuti, ijin belajar, urutan kepangkatan, urutan senoritas, hingga pengajuan pensiun.

Diteruskan sambutan dari Kepala UNDP Indonesia, Sambutan Dubes Uni Eropa untuk Indonesia- Brunei Darussalam, selanjutnya sekaligus Launching SIKEP Mahkamah Agung RI oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali SH,. MH. Dalam sambutan nya ada 4 hal utama yang menjadi kriteria Apliaksi SIKEP yang ideal yaitu Kemudahan Akses, Kecepatan Informasi, Ketepatan Informasi, Keamanan Informasi

Plh. Ketua Pengadilan Agama Kotabaru mewakili segenap keluarga besar Pengadilan Agama Kotabaru mengucapkan Sukses dan Selamat atas Launching aplikasi SIKEP 3.1.0 MA RI, semoga bermanfaat dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam lingkungan Mahkamah Agung.


admin - 2018-12-03

Closing Meeting Asessmen External Badilag

CLOSING MEETING ASESMEN EKTERNAL BADILAG

DI PENGADILAN AGAMA KOTABARU


Setelah melalui proses yang cukup panjang selama tiga hari berturut-turut assesment eksternal melaksanakan tugas dalam rangka penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu PengadilanAgama pada PA Kotabaru, maka pada hari Sabtu tanggal 1 Desember 2018 tepat jam 11.00 siang kegiatan ini ditutup melalui acara closing meeting, bertempat  di Ruang Sidang PA Kotabaru yang diikuti oleh seluruh pegawai beserta honorer PA Kotabaru serta assessor eksternal badilag, Ibu Hj. Siti Romiyani, S.H.,M.H sebagai Lead Asesor dan asesor pendamping dari PTA. Kalsel Bapak Hendriansyah, S.H.,M.H., (Sekretaris PTA. Kalsel) dan Bapak Fachruji, S.H  serta Ahmad Syarif Fuadi.

Kegiatan closing meeting ini dibuka dengan membaca Basmalah kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “bagimu negeri” serta dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Abd. Hamid, S.H (Panitera Pengganti) PA Kotabaru.

Kemudian sambutan berturut-turut diawali dari Ibu Hj. Aslamiah, S.Ag.,M.H, Ketua Pengadilan Agama Kotabaru selaku Top Manajemen dan dilanjutkan sambutan dari ketua APM Bapak Achmad Sya’rani, S.H.I dalam sambutannya beliau “senada” menyampaikan pertama ucapan terima kasih atas kesediaan tim asesor yang telah melaksankan penilaian hasil kerja dan kinerja seluruh pegawai di Pengadilan Agama Kotabaru, yang pasti ini adalah hasil kerja maksimal dari kami seluruh Pegawai Agama Kotabaru, dengan segala keterbatasan baik SDM, personil maupun sarana dan prasarana “ ujar beliau, namun hal tersebut bukanlah menjadi alasan untuk selalu berbuat dan bekerja dengan baik dan Profesional sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian beberapa poin hasil assesmen eksternal yang langsung disampaikan oleh Lead Assessor Ibu Siti Romiyani, S.H.,M.H, yang pertama beliau mengungkapkan rasa senang dan bangganya “terakhir saya berkunjung ke PA Kotabaru pada tahun 2016 dan pada waktu masih banyak perlu di benahi terutama dibidang administrasi, dan setelah 3 hari saya melakukan asesmen di PA Kotabaru, Alhamdulillah sudah banyak sekali kemajuan yang sudah dilaksanakan disini, seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotabaru terlihat sangat kompak, kebersihan kantor sudah bagus dan tetap terus dipertahankan dan ditingkatkan, kemudian untuk PTSP sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan buku acuan dari Badilag “ujar beliau.  Sedangkan untuk pemeriksaan dokumen, wawancara, observasi dan telusur langsung kepada pelaksana memang ada beberapa temuan dan harus segera di perbaiki dan ditindak lanjuti. Pada intinya akreditasi penjaminan mutu peradilan agama ini akan berjalan dan sukses apabila semua unsur saling mendukung dan bekerjasama serta  adanya perencanaan yang matang, sehingga kita dapat mengukur kinerja dan kendala yang ada serta mengetahui kelemahan dan kekuatan di Pengadilan Agama Kotabaru.

Selanjutnya setelah menyampaikan hasil temuan dan dibuat dalam bentuk kontrak kinerja permintaan perbaikan yang ditandatangani oleh Top Manajemen, Ketua APM, Koordinator Asesor Internal, Koordinator SKM serta Koordinator Pengendali dokumen  dan diketahui oleh Tim Asesor Ekternal, maka permintaan perbaikan dari Asesor ekternal akan ditindak lanjuti dan akan segera di perbaiki dalam tenggang waktu 1 bulan.

Dengan berakhirnya penyampaian hasil asesmen ekternal dari Lead Asesor Badilag, maka selesailah acara closing meeting dan semoga Pengadilan Agama Kotabaru mendapat nilai yang baik sesuai harapan bersama namun yang lebih penting dari itu selesainya penilaian bukan akhir dari kegiatan APM namun sebaliknya merupakan awal bagaimana kita merubah pola pikir dalam bekerja dalam suatu lembaga peradilan, sehingga nilai–nilai yang terkandung dalam Visi Misi, Maklumat Pelayanan, Kebijakan Mutu, SOP dan lain sebagainya yang termuat dalam dokumen APM bukan hanya dokumen dan selogan yang hanya tersimpan rapi di dalam lemari penyimpanan arsip APM serta terpampang rapi di dinding kantor pengadilan, namun yang lebih penting dari itu, bagaimana kita mengimplementasikan slogan dan janji yang telah kita ucapkan dalam wujud nyata dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan prima terhadap masyarakat pencari keadilan..PA Kotabaru Mantap (Mandiri, Transparan, Akuntabel dan Profesional)..Bersama Insya Allah Kita Bisa.. 



admin - 2018-11-29

OPENING MEETING ASESSMEN EXTERNAL BADILAG DI PENGADILAN AGAMA KOTABARU

Kotabaru, (29/11/2018), dilaksanakan acara opening meeting Assesor Eksternal di Pengadilan Agama Kotabaru. Acara dimulai Pukul 09.00 WIB setelah seluruh pegawai PA Kotabaru melaksanakan Apel Bendera HUT Korpri dan bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kotabaru, yang dihadiri oleh Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, para Pejabat Kepaniteraan dan Pejabat Kesekretariatan, juga seluruh tenaga Honorer Pengadilan Agama Kotabaru. Acara opening meeting dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa, 


kemudian sambutan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru, Hj. Aslamiah, S.Ag.,M.H, dalam sambutannya Beliau menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Tim Assessor Eksternal yang akan melakukan Assessment di Pengadilan Agama Kotabaru, dan  beliau juga berharap mudah-mudahan dengan waktu beberapa hari asesmen ini akan dicapai apa yang diharapkan, dan juga mohon bimbingan serta arahannya. 


Sambutan selanjutnya, oleh Bapak Achmad Sya’rani, S.H.I yang juga sebagai Ketua APM Pengadilan Agama Kotabaru, juga menyampaikan selamat datang kepada Tim Assessor Eksternal, dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan APM pada Pengadilan Agama Kotabaru, atas segala kerja keras dan upayanya dalam mensukseskan pelaksanaan APM serta Assesment Eksternal di Pengadilan Agama Kotabaru. Kemudian juga dalam sambutannya, Bapak Achmad Sya’rani, S.H.I selaku Ketua APM menyampaikan laporan tentang pelaksanaan APM pada Pengadilan Agama Kotabaru, bahwa APM di Kotabaru dimulai sejak 25 Oktober 2018 berdasarkan SK No. W15-A6/976.a/KP.01/X/2018, dengan keterbatasan SDM yang ada dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, dengan tidak meninggalkan komitmen untuk menyongsong penilaian APM, tentunya masih banyak kekurangan disana-sini, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan arahannya demi perbaikan, kata Ketua APM. 



Kemudian dilanjutkan sambutan dari Lead Assesor Eksternal yaitu Ibu Hj. Siti Romiyani, S.H.,M.H dalam sambutannya beliau menyampaikan dan berharap bahwa dalam penilaian selama 3 hari ini diharapkan sistem APM di Pengadilan Agama Kotabaru bisa berjalan dengan baik dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, dan cara penilaian APM nantinya dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan telusur dokumen, setelah sambulan Lead Assesor acara ditutup dengan yel-yel yang dipimpin oleh Sekretaris APM , sukses APM Kotabaru. PA Kotabaru Mantap.



Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru