KETUA PENGADILAN AGAMA KOTABARU HADIRI RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA


Writed By syafiq : Tanggal 2019-04-23

Telah Dikungjungi Sebanyak 12 Kali

DPRD Kotabaru gelar rapat Sidang Paripurna Istimewa dengan acara Rekomendasi DPRD Kabupaten Kotabaru atas laporan pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Kotabaru  Tahun Anggaran 2018 Senen (22/4/19) di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Bupati Kotabaru, Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Wakil Ketua Kabupaten Kotabaru, Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Sekda Kotabaru, Forkopinda Kotabaru yang salah satunya Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kotabaru Hj. ASLAMIAH S.Ag M.H, Kepala SKPD Kabupaten Kotabaru, dan Direktur RSUD Kabupaten Kotabaru.

Ketua DPRD Kotabaru Hj. Alfisah, S.Sos, M. AP dalam sambutan mengatakan, hari ini Rapat Paripurna yang istimewa DPRD Kabupaten Kotabaru dengan acara Rekomendasi dan catatan-catatan strategis DPRD Kabupaten Kotabaru terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban  (LKPJ) Bupati Kotabaru Tahun Anggaran 2018. Menyikapi LKPJ tersebut DPRD oleh PP Nomor 3 Tahun 2017 diamanatkan untuk melakukan pembahasan internal sesuai tata tertib DPRD, guna melakukan pendalaman atas LKPJ dan merumuskan keputusan DPRD berupa Rekomendasi dalam rangka perbaikan penyelengaraan Pemerintahan kedepan, Rekomendasi berupa saran, masukan dan koreksi terhadap LKPJ Bupati Kotabaru terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi.

Sementara akuntabilitas publik kepada masyarakat melalui informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, hanyalah sebetas menginformasikan saja, masyarakat ternyata tidak memiliki mekanisme untuk menyatakan menerima atau menolak yang bisa dilakukan hanyalah memberikan rekomandasi kepada DPRD terkait evaluasi jalanya Pemerintahan melalui mekanisme publik hearing atau agregasi dan aspirasi kepentingan yang bisa dilakukan DPRD/anggota DPRD dengan masyarakat. LKPj Bupati disampaikan dalam rapat paripurna masa persidangan II Rapat ke - 8 Tahun sidang 2018/2019 yaitu pada tanggal 25 Maret 2019 yang lalu oleh Bupati Kotabaru, DPRD telah melakukan penilaian dan pengkajian terhadap LKPj tersebut, selanjut pada hari ini sesuai jadwal agenda kegiatan DPRD bulan April 2019 DPRD Kabupaten Kotabaru akan melelaksanakn Peneliaan saran masukan terhadap kenerja Pemerintah Daerah selam satu berjalan.

Kata Alfisah," Setelah ini DPRD akan mengeluarkan keputusan berupa rekomendasi untuk melakukan evaluasi terhadap kenerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pembinaan sosial kemasyarakat selama satu tahun anggaran, untuk menjadu acuan bagi pemerintah daerah dalam menentukan langkah strategis. Bupati Kotabaru diharapkan mencermati  muatan materi Keputusan DPRD tersebut, guna tidak lanjut secara sungguh-sungguh, sehingga diharapkan kedepan penyelebgaraan pemerintahan betul-betul menjadi lebih baik, lebih tranparan serta dapat menyentuh langsung kehidupan masyarakat Kabupaten Kotabaru. 

Selanjutnya penyampaian Rekomendasi dan Catatan - Catatan Strategis DPRD Kab. Kotabaru terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Kotabaru Tahun Anggaran 2018 di sampaikan saudara Anggota DPRD Kab. Kotabaru Asmail, S.H, selanjutnya Keputusan DPRD Kab. Kotabaru No. 05 Tahun 2019 tentang Rekomendasi dan Catatan - catatan Stategis DPRD Kabupaten Kotabaru terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Kotabaru Tahun Anggaran 2018 kami serahkan kepada Bupati Kotabaru.


Selanjutnya Penyampaian Bupati Kabupaten Kotabaru Sayed Jafar, S.H mengatakan, terima kasih atas rekomendasi yang telah disampaikan oleh anggota DPRD Kabupaten Kotabaru dalam pelaksanaan kebijakan yang akan diambil dan menyambut baik atas cacatan strategis yang disampaikan.

Rekomandasi dan catatan-catatan strategis DPRD Kabupaten Kotabaru terhadap Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Kotabaru Tahun Anggaran 2018 mengatakan, keberhasilan pembangunan di Kabupaten Kotabaru tidak terlepas dari peran serta dari semua Anggota Dewan yang terhormat, untuk itu pada kesempatan ini saya mengucapakan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, yang telah berkenan mengaji dan membahas LKPJ Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru Tahun Anggaran 2018.

Kami akan mengaji seluruh catatan strategis yang disampaikan oleh anggota DPRD yang terhormat dalam rekomondasi ini untuk selanjutnya ditindak lanjuti sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undanga  yang berlaku sebagi bahan pertimbangan kebijakan penungkatan kenerja program dan kegiatan Pemerintah Daerah di tahun berjalan maupun tahun berikutnya. Pemerintah Kabupaten Kotabaru akan berupaya semaksimal mungkin mengatasi berbagai kendala yang bersipat internal maupun eksternal, kami menyakini tanggapan atau rekomendasi DPRD merupan merupakan tanggung jawab dalam menjadi fungsinya kontrol sosial dan saran dalam konteks penyempurnaan dan perbaikan guna keberhasilan penyelenggara Pemerintah pelaksanaan pembangunan serta peningkatan pelayanan  masyarakat.

Kata Jafar," Hal ini juga merupakan bentuk aktualisasi besarnya tanggung jawab moral kita untuk kearah yang lebih baik dan membawa manfaat lebih besar bagi keberhasilan dan mewajiban kemajuan Kabupaten Kotabaru kedepan. Untuk itu mari kita berupaya mewujudkan kehorminisan dan kemitraan selurh stakehorder di Kabupatrn Kotabaru terutama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Kotabaru dan memajukan Kabupaten Kotabaru.




Eny Rianing Taro, S.Ag., M.Sy. Ketua PA Kotabaru

Informasi yang cepat, akurat, dan dapat dijangkau oleh semua kalangan adalah harapan terbesar kami...

Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru