List Berita Pengadilan Agama Kotabaru

admin - 2019-10-29

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda

Pemerintah Kotabaru melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Kotabaru, Senin (28/10/2019). 

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad yang bertindak sebagai inspektur upacara

Upacara dihadiri Ketua DPRD Kab. Kotabaru,Forkopimda Kotabaru yang salah satunya Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy, Kepala SKPD Kotabaru, Pimpinan KNPI Kotabaru, Guru - Garu Sekolah SMA se Kotabaru dan para pelajar.

pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad membacakan sambutan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Ia menjelaskan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. “Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” tegasnya.

Ia menjelaskan, tema itu sesungguhnya diperuntukan bagi seluruh elemen bangsa. Tetapi, bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa maju.

Menurutnya, pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.

Bahkan, lanjutnya, pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni, serta harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif di kancah internasional.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan budaya, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekat dan cita cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia sia dalam mengubah dunia,” tandasnya.


admin - 2019-10-29

UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA DI PENGADILAN AGAMA KOTABARU

Pengadilan Agama Kotabaru menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru  H. Riduan S.Ag  menjadi inspektur upacara.


Upacara digelar di Halaman Pengadilan Agama Kotabaru, Senen (28/10/2019).

Upacara diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotabaru.


Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru  H.Riduan S.Ag dalam amanatnya mengucapkan terima kasih kepada para pejuang yang telah mengikrarkan sumpah pemuda.

“Kami  sampaikan terimakasih kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan  NKRI”

Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengambil tema  ‘Bersatu Kita Maju’ tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang telah diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. Bahwa  hanya dengan persatuan kita bias mewujudkan cita-cita bangsa.  


admin - 2019-10-25

Gotong Royong Pengadilan Agama Kotabaru

Gotong Royong Pengadilan Agama Kotabaru

Kekompakan dan soliditas kembali ditunjukkan para personil Pengadilan Agama Kotabaru. Kali ini, Instansi Pelayan Masyarakat ini mengadakan acara gotong royong membersihkan lingkungan dalam dan luar kantor Pengadilan pada Jum’at pagi, sejak pukul 8.00 Wita.

Acara gotong royong sendiri sebenarnya sudah menjadi agenda rutin untuk diadakan minimal 1 (satu) kali setiap bulannya. Kegiatan ini bertujuan selain mewujudkan lingkungan dan ruangan yang bersih juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan kantor yang diharapkan bukan hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh pegawai. Oleh karena itulah seluruh pegawai turun langsung tak terkecuali Ketua Pengadilan Agama Kotabaru sendiri yaitu Eny Rianing Taro, S.Ag., M.Sy. yang memimpin langsung kegiatan tersebut. (RR)




admin - 2019-10-24

Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Data Kepegawaian

Dihelat di Ruang Humas Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, sejak Senin pagi pukul 9.00 Wita, Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Data Kepegawaian Tenaga Teknis Peradilan Agama dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. 

Acara ini sendiri menghadirkan Narasumber dari Ditjen Badilag yaitu Sutarno, S.I.P., M.M. (Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Ditjen Badilag) dan didampingi oleh Agus Santosa, S.H. (Staf Seksi Arsip dan Dokumentasi Ditjen Badilag) serta diikuti oleh Seluruh Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan. Pengadilan Agama Kotabaru sendiri mengirimkan H. Zaki Firdaus, S.H.I. selaku Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana.

Acara ini sendiri bertujuan untuk menambah informasi terkait tata cara penginputan data yang sesuai pada Apliaksi Backup Sikep termasuk penguploadan/ unggah dokumen terkait. Selain itu juga terdapat tambahan akses untuk membuka aplikasi penilaian (monitoring kelengkapan data dan e-doc) untuk seluruh administrator ABS seluruh Pengadilan Agama se Wilayah Kalimantan Selatan. 

Dalam acara ini juga dibahas mengenai hambatan dan kesulitan yang sering dihadapi oleh admin ABS dan SIKEP serta solusinya. Secara garis besar sendiri bahwa Hasil Monitoring Data dan Dokumen pada aplikasi SIKEP MARI dan ABS Badilag untuk Wilayah PTA Banjarmasin dan PA SeKalimantan Selatan sudah terpenuhi 100%.

Acara ini sendiri berakhir dan ditutup pada Rabu sore tanggal 23 Oktober 2019. (RR)


admin - 2019-10-24

Kotabaru ikuti lomba masak di PTA Banjarmasin

Banjarmasin (20/10/2019) Minggu Pengadilan Agama Se kalsel mengikuti lomba masak yang bertempat di PTA Banjarmasin, tim dari Pengadilan  Agama se kalsel yang salah satunya adalah Pengadilan Agama Kotabaru, berlomba menggunakan masakan  ciri khas daerah masing – masing



Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy  mengatakan, meski PA Kotabaru tidak mendapat juara namun dengan adanya acara tersebut  dapat mempererat hubungan kekeluargaan antar warga Pengadilan Agama dibawah naungan  PTA Banjarmasin.

Selain itu juga Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru H. Riduan  S.Ag mengatakan  “Walaupun  dalam  acara masak tersebut kita tidak dapat juara, namun acara tersebut telah memberikan hiburan dan pengalaman berharga yang jarang di dapatkan”

"Foto bersama dengan IBU KPTA BANJARMASIN" (tengah)


"Foto bersama dengan IBU WKPA RANTAU" (Kiri)



"foto bersama dengan Sekretaris PTA BANJARMASIN" (tengah)



admin - 2019-10-24

Kotabaru ikuti lomba masak di PTA Banjarmasin

Banjarmasin (20/9/2019) Minggu Pengadilan Agama Sekalsel mengikuti lomba masak yang bertempat di PTA Banjarmasin, tim dari Pengadilan  Agama sekalsel yang salah satunya adalah Pengadilan Agama kotabaru, berlomba menggunakan masakan  ciri khas daerah masing – masing



Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy  mengatakan, meski PA Kotabaru tidak mendapat juara namun dengan adanya acara tersebut  dapat mempererat hubungan kekeluargaan antar warga Pengadilan Agama dibawah naungan  PTA Banjarmasin.

Selain itu juga Wakil Pengadilan Agama Kotabaru H. Riduan  S.Ag mengatakan  “walaupun  dalam  acara masak tersebut kita tidak dapat juara, namun acara tersebut telah memberikan hiburan dan pengalaman berharga yang jarang di dapatkan”

"Foto bersama dengan IBU KPTA BANJARMASIN" (tengah)


"Foto bersama dengan IBU WKPA RANTAU" (Kiri)



"foto bersama dengan Sekretaris PTA BANJARMASIN" (tengah)



admin - 2019-10-23

Pengadilan Agama Kotabaru hadiri Rakor PTA dan PA Se Kalsel

Berselang beberapa jam setelah acara penutupan Turnamen Tenis KPTA CUP Ke 15 Tahun 2019, Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin kembali menggelar acara Rapat Koordinasi Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dan Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan serta Pembinaan oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. sekaligus Launching 9 (Sembilan) aplikasi inovasi dan Mars Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin. 


Dimulai sejak pukul 20.30 Wita, Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh seluruh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris serta Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Agama se Kalimantan Selatan. Pengadilan Agama Kotabaru sendiri diwakili oleh 8 (delapan) pejabatnya, yaitu Eny Rianing Taro, S.Ag., M.Sy. (Ketua), H. Riduan, S.Ag. (Wakil Ketua), Adriansyah, S.H.I. (Hakim), Akhmad Muzakkir, S.H.I. (Sekretaris), H. Zaki Firdaus, S.H.I. (Kasubbag Kepegawaian dan Ortala), Wageyono Indra, S.Kom (Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan), Muhammad Nafi, S.Pd.I., S.H.I., M.Sy. (Panmud Permohonan) dan Rosehan Rizani, S.H. (Panmud Gugatan).

Dalam acara tersebut Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin meluncurkan 9 (Sembilan) aplikasi unggulan dan Mars Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin yang diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Pengadilan Agama Kotabaru sendiri boleh berbangga hati karena salah satu aplikasi yang diresmikan yaitu aplikasi APRI (Aplikasi Persuratan Internal) adalah merupakan aplikasi buatan dan milik Apriadi, S.Si., salah satu pegawai Pengadilan Agama Kotabaru. Apriadi, S.Si. sendiri pada malam itu diberikan penghargaan oleh Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, yang diwakili oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotabaru.



Acara yang dihelat di ruang aula Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembinaan oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama. Dalam pembinaannya, Dirjen Badilag menyampaikan bahwa beliau terkesan dengan 9 (Sembilan) aplikasi dan Mars PTA Banjarmasin tersebut meskipun beberapa aplikasi memiliki kesamaan dengan aplikasi yang dibuat oleh Badilag sendiri. Beliau juga berpesan untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja dalam rangka bersaing dengan Badan Peradilan lain serta bersiap untuk pelaksanaan E-Litigasi. (RR)




admin - 2019-10-23

Gagal tembus final PA Kotabaru tetap juara

Suasanan Laga tenis Piala PTA CUP di lapangan martapura



Kesempatan Tim Tenis Pengadilan Agama Kotabaru untuk mempertahankan juara memang sudah pupus usai tumbang di babak semifinal oleh Pengadilan Agama Amuntai.

Meski di fase groub, tim yang di pimpin langsung oleh Wkpa Kotabaru  H. Riduan S.Ag  mampu menang setelah menaklukan PA Btulicin dan PA Marabahan saat bermain di lapangan tenis Martapura sabtu (20/9/2019) kemarin. 

Namun tak cukup meloloskan PA kotabaru ke partai final.Namun demikian, Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Eny Rianing Taro S.Ag M.Sy tetap puas karena sudah bisa menembus hingga babak semifinal, dan mendapat juara 3 bersama.

Sementara itu, ketua tim tenis PA kotabaru mengaku bangga bisa membawa PA kotabaru hingga ke babak semifinal.Menurutnya sesuatu yang luar biasa bisa membawa  Tim Tenis PA Kotabaru  menjadi juara 3.Untuk selanjutnya kami akan berusaha dan terus berlatih untuk merebut juara di pertandingan yang akan datang.



admin - 2019-10-16

Pemilihan Role Model dan Agen Perubahan Pengadilan Agama Kotabaru

Dalam rangka perkembangan zona integritas, khususnya dalam pengembangan budaya kerja pengadilan agama kotabaru 2019, Pengadilan Agama kabupaten Kotabaru menyelenggarakan pemilihan role model dan agen perubahan (Agent of change) pada hari  senen tanggal 14 oktober 2019di ruang sidang utama Pengadilan Agama Kotabaru



Acara dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Eny Rianing Taro S,Ag M.Sy

Dan di hadiri oleh wakil ketua pengadilan agama kotabaru, Hakim, Panitera, Sekretaris, dan seluruh Pejabat Struktural Fungsional serta Honorer Pengadilan Agama Kotabaru  

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Eny Rianing Taro S,ag M.Sy Dalam pemjelasanya  tentang kriteria ideal seorang agen perubahan sebagai mana telah diterapkan berdasarkan keputusan surat Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Nomor : W15-A6/1333/KP.05.8//X/2019 tanggal 10 oktober 2019 tentang kriteria agenperubahan pada pengadilan agama kotabaru, selanjutnya disampaikan agen perubahan merupakan wujud dari perubahan pola piker (mind set) dan budaya kerja  (culture set).

Selanjutnya  Wakil Ketua Pengadilan Agama Menjelaskan Agen perubahan adalah seorang katalis yang bertugas memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai di PA Kotabaru  tentang pentingnya perubahan PA Kotabaru menuju kearah yang lebih baik,selain itu agen perubahan adalah penggerak pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan menuju  kearah PA Kotabaru yang lebih baik, dan diharapkan  Agen Perubahan bias menjadi pemberi solusi yang bertugas memberikan alternative  solusi kepada para pegawai atau pimpinan di PA Kotabaru, Agen Perubahan juga berperan sebagai mediator yang bertugas membantu memperlancar proses perubahan, terutama menyelesaikan masalah yang muncul dalam penerapan Zona Integritas / Reformasi Birokrasi menuju WBK dan WBBM dilingkungan PA kotabaru terkait dalam proses perubahan.


Setelah  melalui proses pemilihan secara voting, akhirnya bapak MuhammaD Nafi, S.Pd.I.,S.H.I.,M.Sy (Panmud Permohonan) terpilih sebagai Role Model Agen Perubahan tersebut maka ditetapkan dengan surat keputusan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru



admin - 2019-10-16

Pemilihan Role Model dan Agen Perubahan Pengadilan Agama Kotabaru

Dalam rangka perkembangan zona integritas, khususnya dalam pengembangan budaya kerja pengadilan agama kotabaru 2019, Pengadilan Agama kabupaten Kotabaru menyelenggarakan pemilihan role model dan agen perubahan (Agent of change) pada hari  senen tanggal 14 oktober 2019di ruang sidang utama Pengadilan Agama Kotabaru



Acara dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Eny Rianing Taro S,Ag M.Sy

Dan di hadiri oleh wakil ketua pengadilan agama kotabaru, Hakim, Panitera, Sekretaris, dan seluruh Pejabat Struktural Fungsional serta Honorer Pengadilan Agama Kotabaru  

Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Hj. Eny Rianing Taro S,ag M.Sy Dalam pemjelasanya  tentang kriteria ideal seorang agen perubahan sebagai mana telah diterapkan berdasarkan keputusan surat Ketua Pengadilan Agama Kotabaru Nomor : W15-A6/1333/KP.05.8//X/2019 tanggal 10 oktober 2019 tentang kriteria agenperubahan pada pengadilan agama kotabaru, selanjutnya disampaikan agen perubahan merupakan wujud dari perubahan pola piker (mind set) dan budaya kerja  (culture set).

Selanjutnya  Wakil Ketua Pengadilan Agama Menjelaskan Agen perubahan adalah seorang katalis yang bertugas memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai di PA Kotabaru  tentang pentingnya perubahan PA Kotabaru menuju kearah yang lebih baik,selain itu agen perubahan adalah penggerak pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan menuju  kearah PA Kotabaru yang lebih baik, dan diharapkan  Agen Perubahan bias menjadi pemberi solusi yang bertugas memberikan alternative  solusi kepada para pegawai atau pimpinan di PA Kotabaru, Agen Perubahan juga berperan sebagai mediator yang bertugas membantu memperlancar proses perubahan, terutama menyelesaikan masalah yang muncul dalam penerapan Zona Integritas / Reformasi Birokrasi menuju WBK dan WBBM dilingkungan PA kotabaru terkait dalam proses perubahan.


Setelah  melalui proses pemilihan secara voting, akhirnya bapak MuhammaD Nafi, S.Pd.I.,S.H.I.,M.Sy (Panmud Permohonan) terpilih sebagai Role Model Agen Perubahan tersebut maka ditetapkan dengan surat keputusan Ketua Pengadilan Agama Kotabaru



Pimpinan


Statistik Pengunjung

Pemda Kotabaru